Minggu, 13 April 2014

Kangen Dengan Buku Hutan Keramunting Nih

Hari ini tiba tiba aku teringat dengan buku karya Ibu Tartila Tartusi dengan judul hutan keramunting dibukit kecil,aku membacanya saat masih di Sekolah Dasar namun sampai sekarang aku masih ingat meski sebagian besar ceritanya sudah banyak yang lupa,isinya kalau aku tidak salah tentang kehidupan sederhana didesa,namun dibalik kesederhanaannya ada kebahagiaan dan kerukunan,ceritanya lebih banyak dalam keluarga Ipul.

Buku ini mengajarkan banyak hal dengan cara sederhana,diceritakan dengan bahasa yang muda dipahami,aku yang masih SD tidak mengalami kesulitan dalam mencerna isinya.Semua yang aku baca sangat membekas dihati,aku seakan diajak bermain bersama Ipul dan Marni juga dengan adik laki laki yang baru belajar berjalan,Imus..aku seakan bisa menyaksikan langsung bagaimana kehidupan tokoh utama,disinilah aku mengagumi Ibu Tartila Tartusi yang tahu betul dunia anak anak dan apa yang mereka kerjakan,ada satu dalam cerita itu yang sangat membekas dan membuat terharu,ketika si ipul menggendong Udin sahabatnya yang sakit untuk diperiksakan,begitu tulus,ipul hanya ingin sahabatnya cepat sembuh.

Cara pengarangnya menceritakan sangat menarik bagiku,bagaimana ibu tartila bisa membuat cerita yang begitu hidup padahal itu bukan hal yang mudah,kalau hanya sekedar membuat cerita banyak sekali orang yang bisa,namun membuat cerita yang membuat pembacanya larut dalam ceritanya dan seakan ikut menyaksikan itu sulit,namun bukan berarti tidak bisa,kita pasti bisa juga kalau mau berlatih dan belajar.

Aku tidak tahu berapa lama beliau belajar menulis hingga bisa membuat cerita yang membekas dihati banyak orang,aku tahu kalu ada banyak yang kangen dengan karya beliau dari browsing diinternet,rata rata punya keinginan yang sama,ingin membaca kembali buku itu,termasuk juga aku sendiri.namun bagaimana mencarinya,aku masukkan keyword di google tidak ketemu,baik yang pdf,djvu,text,epub atau yang lainnya tak ada.Apa boleh buat terpaksa deh disimpan dulu keinginan untuk membac ulang buku itu.

Aku juga ingin membuat buku seperti itu,yang menggambarkan kehidupan secara wajar,tanpa dramatisasi yang berlebihan,makanya aku tidak berhenti menulis setiap hari untuk mewujudkan keinginan ituJ.Baiklah aku belum seperti penulis jempolan yang bisa banyak bercerita,aku hanya terus berlatih agar bisa seperti mereka.Udah ah,ini sudah ditunggu TRIO DETEKTIF hehe





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar