Rabu, 03 Juli 2019

Kembang Crobo

Foto Bunga Crobo 

Foto di atas diambil menggunakan kamera Nikon D 3100. Sekarang kameranya tidak ada lagi, sudah dijual karena sesuatu hal.

Bunga ini banyak terdapat di Desaku, jika sedang berbunga warnanya kuning cerah menyenangkan kalau ditatap lama lama, hanya saja bunga ini rasanyanya sangat pait, begitu pula dengan daunnya, seperti cinta yang dibayangkan terasa sangat indah namun saat dijalani  kadang menyedihkan jika tidak mendapat balasan.

Meski pahit, masih ada saja lebah yang hinggap di sana, mencari nektar bunga yang akan diprduksi menjadi madu. Madu yang dihasilkan akan terasa sedikit pahit karena berasal dari bunga ini, tapimasih tetap mempunyai manfaat layaknya madu. Seperti cinta meski menyakitkan suatu saat akan terasa manis ketika mendapatkan balasan.

Kok malah membahas cinta ya? Baik kembali ke bunga. Bunga ini banyak tumbuh di lereng pegunungan, kalau di sini jarang bisa dimanfaatkan, daunnya yang pahit tidak bisa dijadikan pakan ternak, sementara pohonnya di dalam berongga dengan ukuran kecil kalau dijadikan kayu bakar kurang baik, bara yang dihasilkan tidak akan maksimal.

Sepintas mendengar, tapi etah bisa dipertanggung jawabkan atau tidak, katanya daun dari tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit gula, katanya begitu. Tapi kebenarannya aku sendiri tidak tahu.

Demikian tulisan sekilas tentang tanaman ini, semoga ada yang bisa diambil dari tulisan ini.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar