Selasa, 12 Januari 2016

Cara Belajar Menulis

Sampai saat ini aku masih merasa banyak kekurangan di sana-sini, tulisanku belum mempunyai sesuatu yang bisa menarik pembaca. Aku selalu membaca ulang tulisan sebelum diposting namun selalu saja tak puas dengan kualitas tulisan serasa ada yang kurang meski akhirnya kuposting juga.

Bukan aku tak tahu malu mengirim karya setengah matang tapi mau bagaimana lagi sekedar membaca saja tak cukup, aku perlu menulis membiarkan tulisan dibaca agar mendapat krisan dari orang lain. Dari krisan aku belajar mana yang salah dan perlu diperbaiki, terus kalau tak dapat krisan bagaimana? ya sudah bikin lagi sampai dapat krisan, kalau tak ada juga biasanya aku numpang belajar dari karya mereka yang dapat krisan, lumayan kan dapat ilmu kepenulisan gratis hehe.

Banyak orang pintar di sini, jago nulis dan sudah punya buku yang diterbitkan. Kadang aku suka iri sama mereka, namun iri saja tak cukup aku harus banyak belajar lagi, lagi dan lagi agar suatu saat tulisanku layak baca, serta yang terpenting bermanfaat untuk orang banyak.
Sejauhini tak ada satupun tulisanku dimuat di surat kabar, aku tak berani mengirimkannya. Aku merasa tulisanku masih belum baik, belum layak ceritanya masih kacau makanya hanya berani kuposting di blog saja.
Kalau ada waktu luang biasanya kupakai untuk membaca novel, cerpen atau yang lain sesekali menuliskan sesuatu di KBM atau dinding Facebook milikku, kemampuan menulis harus selalu diasah agar meningkat begitu yang aku baca.

Baik, sepertinya sudah terlalu banyak aku bercerita. Sekian dulu takut kalian tak nyaman membacanya, selamat belajar jangan mudah menyerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar