Kamis, 27 Februari 2014

Cerpen:Namaku Andri (Cowok Paling Sial)

Perkenalkan namaku Andriyanto,aku sekolah di SMK Muhammadiyah 4 Wonogiri,mengambil jurusan Elektronika Komunikasi,kenapa aku mengambil jurusan itu?entahlah aku sendiri juga bingung harus menjawab apa kalau ditanya,aku suka elektro?tidak juga.Lalu kenapa aku mengambil jurusan itu?yah..mungkin karena aku tidak menyukai jurusan yang satunya,berhubung waktu itu hanya ada dua jurusan dengan sendirinya aku memilih jurusan Elektronika Komunikasi.

 Aku bukan akan memaparkan panjang lebar atau tinggi rendah tentang jurusanku,aku hanya akan menceritakan kenapa dalam hidupku aku selalu saja mengalami kesialan,padahal aku sudah sangat berhati hati eh masih saja ketimpa sial,contohnya begini saat aku sedang berangkat sekolah dikejar anjing,kemudian lari dan memanjat pohon ternyata pohon itu banyak semutnya walhasil aku jadi kayak pepatah keluar sarang tawon masuk lubang kelinci.

Tapi jangan salah,begini begini aku termasuk salah satu yang disegani disekolah,bahkan anak yang dianggap preman sekolah inipun menjauh kalau aku mendekat soalnya ia akan ketularan sial kalau berdekatan denganku,contohnya kayak bulan lalu saat dia habis memalak aku,eh ia ketabrak anak SD yang menaiki sepeda ontelnya seperti kesetanan karena dikejar anjing.

Aku tidak tahu kenapa aku bisa sesial ini,padahal aku anaknya baik hati dan tidak sombong serta rajin menabung,apa yang salah coba?hmm sejenak aku menjadi Sherlock Holmes dan menganalisa dengan cerutu terselip dibibir,lengkap dengan topi dan kaca pembesar.Tapi sampai lama jawabanya tidak juga ditemukan,daripada pusing mikirin kesialan lebih baik mikirin cewek cantik,siapakah dia?ia adalah cewek yang merupakan gadis tercantik di sekolahan ini,idola kelas tiga.Tunggu dulu,perasaan hanya ada satu cewek cantik satu tingkat dengan andri,si Dista anak elektro yang satu kelas dengannya.

Jadi pantaslah kalau jadi idola,memangnya mau mengidolakan siapa lagi?si Antok ?aduh tak sudi ya memang aku cowok apaan.

Pernah suatu kali praktikum elektro,pak Tris guru yang mengampu Audio Vidieo melepas salah satu socket dan bermaksud menguji muridnya,padahal sebenarnya mudah tinggal samakan warna kabel socket dengan warna kabel di PCB nya,tapi entah kenapa hal segini mudah Andri tidak tahu,dengan gaya seorang dokter bedah ahli yang mengoperasi pasiennya ia berlagak handal bin jempolan,potong sana potong sini,sambung sana sambung sini,pak Tris hanya menyaksikan dengan bengong terpesona dengan gaya Andri yang sangat meyakinkan,walhasil begitu sudah selesai,si Andri dengan PD nya mencolokkan steker ke stop kontak dan apakah yang terjadi?

Duarrr terdengar letusan diiringi dengan kepulan asap seperti para petugas yang melakukan fogging untuk membunuh nyamuk,masih untung muka si Andri selamat dari kecelakaan yang memalukan itu,coba kalau mukanya jadi hitam kayak film kartun di Televisi itu sudah pasti akan menjadi bahan tertawaan seisi kelas.

 Atau ada lagi saat Andri menembak cewek primadona kelas tiga dengan sangat romantis ia mengirimkan sepucuk surat diiringi dengan setangkai mawar merah yang sangat harum bahkan sampai menghabiskan satu botol minyak wangi,ia menitipkan surat itu pada kawannya dengan wajah yang mencerminkan keyakinan yang tinggi bahwa ia tak akan mungkin di tolak,namun apa yang terjadi sodara sodara?

Andri justru mendapat balasan yang sangat mengejutkan hatinya isi surat balasan yang dinantikan Andri dengan harap harap cemas itu ternyata adalah”maaf anda belum beruntung”memangnya Andri lagi beli lotre apa,hancur sudah semangatnya dalam menjalani kehidupan yang sudah pahit ini.Dan karena tak mampu lagi menahan beban perasaan yang menghimpit Andripun memilih mengakhiri hidupnya dengan gantung diri,serem ga tuh?

Andri mengambil seutas tali yang biasa dipakai mbah Senen untuk menjemur kain pel,melilitkan tali dilehernya,kemudian meloncat diiringi ucapan”selamat tinggal dunia yang kejam”tuinggg.

Lho kok aku masih hidup?ya iyalah Ndri lha wong talinya kepanjangan ditambah gantung dirinya di pohon singkong!

Lama lama andri tak peduli lagi dengan kesialannya dan tak peduli lagi bagaimnana kehidupanya akan berjalan,ia hanya berusaha dengan tekun dan pantang menyerah hasilnya ternyata sangat diluar dugaan,ia mendapat rangking lima dari belakang,itupun sudah membuat dia sangat senang karena biasanya ia mendapat rangking paling buncit tapi.Hal yang sangat membuatnya bergembira adalah karena ia sudah ditinggalkan oleh kesialan yang selalu mengikutinya sepanjang waktu.Mungkin karena si nasib sial tidak lagi bisa menemukan Andri yang kini mengasingkan diri ke tempat dokter mata.Lho apa hubungan dokter mata dengan kesialan Andri selama iani?

Usut punya usaut rupanya selama ini Andri sial karena tidak bisa melihat dengan jelas,pantaslah kalau begitu,masih untung Andri tidak menabrak cewek cantik hingga mengakibatkan ia jatuh cinta karena kecelakaan konyol yang hanya da disinetron itu.

Nah,itu cerita tentang Andri yang terbebas karena kesialannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar