Rabu, 14 Januari 2015

Blog Sepi?Biar Saja Yang Penting Menulis

Aku kadang tersenyum semdiri kalau ingat dengan angan-anganku ketika pertama kali ngeblog dahulu,aku kira ngeblog itu mudah saja,tinggal bikin blog,posting kemudian akan banyak pembaca berdatangan,kemudian aku akan mendaftar google adsense,dan jadilah aku bloger besar seperti Iwan Banaran,namun nyatanya tidak demikian,membuat blog memang sangat mudah,menulisnya itu yang susah,kita harus bisa menyusun kata agar enak dibaca,ini penting soalnya tulisan yang menarik akan membuat para pembaca betah dan kemudian berkunjung kembali,kalau tulisannya acak-acakan,menggunakan bahasa yang aneh-aneh dijamin deh,sekalinya terdampar d iblog kita ga bakalan mau balik lagi.

Hari pertama ngblog aku bingung mau menulis apa,akhirnya aku ambil tema yang paling mudah,aku menuliskan tentang ceritaku ketika patah hati,aku nyaman saja menuliskan tentang itu,entahlah dengan yang baca,aku tak tahu,mungkin ada yang suka cerita itu karena merasa senasib,namun mungkin ada yang tak suka karena bosan disuguhi cerita patah hati,aku tak ambil pusing dan terus menulis dan hasilnya,jumlah pengunjung tak ada,kalaupun ada cuma dua satu atau dua pageview perhari,oke ini baru awal,setelah satu bulan ngeblog mungkin akan banyak yang berkunjung.

Satu bulan kemudian ketika aku cek di stastistik masih saja sama,aku jadi kecewa,sudah susah-susah bikin postingan eh tak ada yang baca,aku coba share di Facebook hampir sama hanya empat orang saja yang membaca diantara hampir seribuan teman,entah karena tulisanku yang kelewat jelak atau mereka yang malas membaca dan memiilih komen di status yang kebanyakan berisi curhat itu,curhat kok di facebook apa tidak tahu kalau itu sama saja dengan memberitahu kekurangan pada semua orang.

Baik,satu bulan belum banyak yang berkunjung,bisa jadi memang belum ada yang mengenal atau tulisanku belum terindeks di google,masih semangat nih ceritanya,masih menulis meski dengan intensitas yang mulai menurun,setengah tahun berlalu dan jumlah pengunjung masih belum ada kemajuan yang berarti,padahal jumlah postingan sudah lumayan banyak,aku mulai mengeluh dan berfikir akan berhenti saja,buat apa membuang waktu mengetik toh tak ada yang baca juga.

Aku memutuskan berhenti menulis,sehari,dua hari...seminggu,kok rasanya kengen ya menulis di blog,ahirnya aku menulis lagi,kalau pas lagi dapat ide aku menulis puisi,kalu tidak ada aku menuliskan hal yang terlintas saja,entah menarik atau tidak aku tulis dulu,biarlah daripada tak ada yang ditulis,kadang aku belajar menulis cerpen juga meski hasilnya kurang bagus,aku baru tahu kalau tidak bagus beberapa bulan kemudian ketika aku membaca huruf demi huruf dengan teliti,rupanya banyak terjadi kesalahan dalam penulisan kata,juga banyak penggambaran peristiwa yang tidak tepat,cerita yang terburu-buru,lebih banyak menggunakan telling.

Padahal dulu aku pikir kalau ceritaku itu bagus,nyatanya tidak itulah kenapa tak ada yang berkunjung,aku saj amalas baca apalagi orang lain.


Nah ,kini sudah setahunan lebih aku ngeblog,dengan jumlah pembac yang masih sepi sepi saja,tapi kini aku enjoy menjalaninya,tak berfikir lagi dengan jumlah pageview,yang penting aku menulis,mengasah ketrampilan menulis,tak perlu berfikir ada yang baca atau tidak,suatu saat kalau tulisanku sudah bagus akan banyak yang baca juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar