Minggu, 21 September 2014

Sebuah Renungan,Pelajaran Dari Selembar Foto


Apakah yang kalian lakukan saat melihat kembali album kenangan sepuluh tahun yang lalu?tersenyum dan berkata dalam hati”aku ternyata dulu begini ya,imut dan menggemaskan”,”pakaianku dahulu ketinggalan jaman,jelek sekali tidak modis seperti sekarang” atau mungkin hal yang lain.
Selembar foto,hanya selembar namun terkadang mempunyai harga yang sangat mahal untuk seseorang.Darinya semua kejadian masa lalu seakan kembali tercetak dalam ingatan,kilasan balik akan sebuah peristiwa perlahan hadir menyapa,entah sedih,senang,tangis atau tawa semuanya berlomba lomba menghadirkan sebuah kenangan.

Saat menghadap cermin,alangkah berbedanya,aku dahulu yang demikian tampan/cantik sekarang menjadi tua dan keriput,kemana kemudaanku yang dahulu aku banggakan?kalau saja aku dahulu begitu tak akan aku menjadi begini,kalau saja dahulu aku tetap menjadi diriku mungkin aku tak akan menyesal seperti sekarang,ah kalau saja aku masih muda,kalau saja..

Tapi sekarang engkau sudah tua,tak akan mungkin bisa kembali meski kau mempunyai setumpuk harta benda,akan kau bayar pada siapa untuk bisa kembali ke masa silam?semua yang sudah berlalu tak akan bisa dikembalikan,alangkah beruntungnya orang yang bisa menjalani hidup dengan menjadi diri sendiri dan mewujudkan apa yang menjadi cita citanya.

Dahulu engkau sangat rajin datang ke Masjid,mendengar pengajian,belajar membaca Al-Quran bersama teman teman yang menyenangkan,bukankah dahulu engkau bahagia meski tak sekaya sekarang?dengan beberapa potong makanan yang dimakan bersama engkau sudah bisa tertawa,tak seperti sekarang hendak tersenyum saja enggan.


Ah,alangkah rindunya kembali kemasa itu,menjalani hidup dengan riang gembira berlomba menduduki shaf terdepan,berlomba paling dahulu untuk adzan,berlomba bacaan Al –Quran siapa yang paling baik.Alangkah besarnya penyesalanku tak menjalani hidupku dengan baik,kalau aku tak mampu kemasa lalu,aku akan menjalani hidupku yang sekarang dengan bahagia,aku akan berlomba dalam kebaikan seperti dahulu,bukan berlomba dalam kejahatan seperti yang sekarang aku sesali,tak pernah ada kata terlambat kalau ingin berubah,tak pernah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar