Selasa, 09 Desember 2014

Mari Budakan Membaca

Kalian suka membaca?kalau iya buku apa yang paling suka kamu suka,novel petualangan,novel detektif,atau mungkin malah novel percintaan?atau justru kalian justru menyukai komik dengan banyak gambar yang menarik itu,yah sah sah saja apapun bacaan yang kalian sukai toh tiap orang mempunyai kegemaran yang berbeda.

Aku juga termasuk orang yang hoby membaca,dimanapun kalau ada waktu aku pasti membaca,kadang saat makan pun aku masih juga meneruskan bacaan kalu kebetulan buku yang aku baca menarik.Untuk menyalurkan kegemaranku membaca aku memilih mengunakan handphone soalnya lebih simpel saja,meski sebetulnya yang terbaik ya membaca buku aslinya biar mata kita lebih terjaga kesehatannya dan tak perlu menerima radiasi dari layar hp tiap membaca.Namun apa boleh buat,pekerjaan sebagai seorang pedagang keliling membuatku tak memungkinkan kalau harus nentengin buku kemana-mana,so dengan pertimbangan itulah aku memilih sarana hp dalam menyalurkan hoby membacaku.

Aku tinggal mendownload saja kemudian membacanya melalui aplikasi yang tepat.Biasanya aku memakai moon reader kalau file yang aku download merupakan epub,tap kalau formatnya pdf aplikasi yang paling bagus menurutku adalah mantano reader lite,ada juga albite reader untuk membaca buku dengan format prc,eh iya sampai lupa aku menggunakan hp android terus aplikasi yang aku sebutkan bisa kalian dapatkan di playstore.

Terus buku apa yang aku baca?banyak sekali dari mulai Sh Mintardja,bunga dibatu karang,yang terasing,mata air di bayangan bukit,api dibukit menoreh,seri arya manggada,pokoknya cerita silat karya beliau hampir semua sudah aku baca sampai tamat,itu saja?tidak masih ada juga yang lain,namun yang paling sering aku baca adalah novel terjemahan,Agatha Christie,Serlock Holmes,Karl May dan serial Tom Swift,terus kalau novel indonesia ada karya kang Abik,Asma Nadia,Gola Gong,Fahri Asiza,Dewi Lestari,Helvy Tiana Rosa,Andrea Hirata,dan masih banyak lagi yang lain.

Terus apa tidak bosan membaca buku sebanyak itu?tidak,dari membacalah aku bisa mengalami banyak peristiwa tanpa perlu menjalani sendiri,dari membaca aku bisa banyak belajar tentang cara menulis yang baik,dan dari membaca aku bisa mengetahui banyak hal yang sebalumnya tak aku ketahui.


Mari budayakan membaca, tak perlu menengok usia,baca saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar