Jumat, 18 April 2014

Resep Gokil Olahan Nila,Berani Coba?

Halo,sobat semua,apa kabar?Mudah mudahan kalian baik ya,seperti keadaanku saat menuliskan cerita ini,aku akan menceritakan tentang kolam ikanku didesa kolam tanah yang aku isi dengan ikan nila,tidak banyak Cuma kalau untuk dikonsumsi sendiri sudah mencukupi.

Nah,suatu malam aku dan teman teman berencana akan bersama,karena lokasi pasar yang jauh dari tempat kami yakni sekitar 22 kilometer pulang pergi,maka kami memutuskan akan memasak sendiri saja dengan menu ikan nila goreng dan nasi tumpeng.ku yang ditunjuk sebagai koki langsung mengiyakan,bukan karena aku pintar memasak namun diantara temanku aku yang paling bisa,setidaknya masakanku tidak gosong dan keasinanJ.

Karena jumlah kami empat orang,kami membagi tugas,sebagian memancing dan sebagian lagi membuat bumbu plus menyiapkan api,soalnya aku akan membuat ikan nila bakar dan goreng.Bumbunya apa saja?Dari hasilku menguping pembicaraan ibu ibu aku tahu kalau bumbunya seperti dibawah ini:
  1. Garam
  2. Micin
  3. Merica
  4. Jahe
  5. Kunyit
  6. Daun jeruk
  7. Kecap manis
  8. Serai
  9. Cabe
  10. Tomat
  11. Bawang putih

Wah bayak juga ya bumbunya?jadi siap siap kalau tulisannya kepanjangan,foto akan saya lampirkan diakhir tulisan.Saya ingatkan ini bukan resep dari koki handal jadi jangan coba coba dirumah kecuali didampingi oleh ibu anda ya.

Cara memasaknya sebagai berikut:
  1. Bersihkan ikan(buang isi perutnya ya)
  2. Garam,micin,merica,jahe,kunyit,daun jeruk di ulek sampai halus
  3. Kukus sebentar agar tidak lama dalam proses menggoreng
  4. Rendam ikan dalam bumbu yang di ulek tadi
  5. Panaskan minyak dan goreng ikan sampai matang
  6. Sisakan beberapa potong untuk dibakar,sekalian deh bakar ikannya suruh saja salah seorang teman kalau repot,kalau dia tidak mau tidak usah dibagi
  7. Buat sambal dengan bumbu cabe,tomat,micin,bawang putih,bawang merah,sedikit gula.dan ulek sampai halus kemudian goreng sebentar,angkat dan tempatkan dalam wadah,jangan ditumpahkan di baju teman.
  8. Siapkan nasi dan buat menjadi tumpeng kecil,tempatkan dalam tampah yang dialasi daun pisang,jangan lupa sambal dan ikan bakar plus goreng tempatkan pula disana
  9. Makan rame rame. 



     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar