Kamis, 24 April 2014

Seberapa Pentingkah Cita Cita?

Hidup itu perlu cita cita,itu yang aku tahu setelah sekian lama terombang ambing dalam kebingungan.Dulu aku pikir hidup cukup dengan pasrah menjalani,namun lama kelamaan ada keresahan yang hadir,aku seperti nahkoda yang kehilangan kompas dan terombang ambing dilautan luas,aku kehilangan semangat dan hanya sebatas hidup tanpa tahu harus kemana.

Saat salah seorang temanku diwisuda S2 di IPB aku terhenyak,kemana saja aku selama ini?disaat temanku berkutat dengan penelitian dan menyelesaikan skripsi,aku masih saja sibuk memikirkan diriku sendiri,kekuranganku,menyalahkan nasibku yang tidak terlahir sebagai orang kaya,yang aku pikirkan hanyalah kekuranganku saja,tanpa mau berlaku adil pada diriku kalau aku juga punya kelebihan.

Ketika aku tersadar ternyata aku sudah ketinggalan demikian jauh,aku menyesal kenapa aku selalu fokus pada kekuranganku,aku menyesal menyalahkan keadaan tapi sudah terlambat,waktu yang terlewat tak akan bisa diulang lagi,aku menunduk menyesali sekian lama waktu yang terbuang percuma,kemudian aku sadar kalau hanya menyesal tak akan mengubah apapun.

Aku kemudian bertekat dalam hati kalau aku akan menebus kelalaianku selama ini,aku akan lebih giat belajar untuk mengejar ketertinggalanku,bukankah belajar tak cuma dari bangku kuliah?aku juga meninggalkan pekerjaanku di bengkel sepeda motor,yang meski nyaman tapi kurang menghasilkan,aku harus mulai menata hidupku,kalau bukan aku yang mengarahkan hidupku lalu siapa lagi,menggantungkan hidup pada orang lain adalah perbuatan pengecut,hanya mencari nyaman dan aman tanpa berani mengambil resiko,padahal dalam kehidupan sudah pasti ada resiko dalam bidang apapun kita bekerja.


Kadang aku menyesal kenapa baru saat ini aku menyadari kelalaianku,tapi kadang aku bersyukur aku menyadari sekarang tidak justru dua atau bahkan sepuluh tahun kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar